Kamis, 05 Juni 2014

Ringkasan (Tulisan Bahasa Indonesia 2)

Pengertian Ringkasan
Ringkasan adalah penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang / memendekkan bacaan dengan mengambil inti sari bacaan itu tanpa mengubah struktur wacana.

Langkah – langkah membuat ringkasan bacaan :
1.   Membaca bacaan atau karangan asli untuk mengetahui kesan umu, maksud pengarang,
2.      Mencatat gagasan utama atau pokok pikiran dalam tiap paragraf,
3.   Menyusun pokok pikiran atau gagasan pokok bacaan menjadi suatu paragraf atau lebih.

Ciri – ciri ringkasan :
1.      Memendekkan suatu bacaan,
2.      Bentuknya lebih pendek atau lebih ringkas,
3.      Struktural wacananya tetap tidak berubah sesuai dengan teks bacaan,
4.      Terdapat inti sari bacaan.

Ringkasan Corat-Coret di Toilet















Ringkasan :
Di dalam buku ini berisi 12 cerita pendek dengan tema isu sosial politik seperti kelaparan, pemberontakan, politik dan kriminalitas. Dengan cerpen pembuka yang bertemakan isu yang mengkritik dan sinisme terhadap pemimpin negara berjudul Peter Pan dimana dalam mengisahkan aktifis mahasiswa menjual bukunya dan menjual apapun demi melakukan aksi untuk menggulikan sang diktator. Perjuangannya berhasil melengserkan sang diktator tetapi kejahatannya tetap tidak tersentuh.

Cerpen kedua berjudul Dongeng Sebelum Bercinta diceritakan kisah sepasang suami istri yang sampai hari ke-40 pernikahan namun mereka belum juga bercinta karena sang istri ingin menyelesaikan dongengnya dahulu yang ternyata tidak selesai-selesai sejak 40 hari lalu.

Di dalam cerpen Corat-coret di toilet yang berbau humor politis ini menceritakan pikiran mahasiswa yang tertuang di dinding toilet dengan isu tema reformasi 1998. Dinding toilet telah menjadi buku harian yang dimiliki bersama dimana orang bebas menulis dan berkata jujur. Dimana penulis dengan nada pesimis menulis ”Aku tak percaya bapak-bapak anggota dewan, aku lebih percaya pada dinding toilet”. Coretan di dinding menjelaskan ketidakpercayaan mahasiswa kepada para anggota dewan. Nah!
Dalam buku ini juga menyisipkan cerita roman yang berjudul Teman Kencan yang mengisahkan kegundahan seorang pemuda yang ingin memiliki pacar tetapi harus menerima hal pahit terhadap seorang yang ia cintai. Dan cerita berjudul Rayuan Dusta untuk Marietje yang menceritakan seorang pemuda yang mencoba rayu agar si pacar mau menemui dirinya.
Pada cerita berjudul Si Cantik yang tak boleh Keluar Malam menceritakan seorang perempuan yang dikekang oleh orang tuanya yang tidak diizinkan untuk keluar malam meskipun umurnya sudah 17 tahun. Dan perempuan itu jatuh cinta kepada temen sekolahnya juga si pria itu menyatakan cintanya kepada si perempuan. Tapi si perempauan tidak menjawab langsung kalau dia tahu orang tuannya akan mengengkangnya. Kenyataan itu menjadi beban sendiri bagi perempuan. Itu cinta pertamanya, dan semua orang tahu jatuh cinta seringkali membuat orang menderita. Cinta membuat orang begitu tolo;, dungu dan bodoh. Tapi kadang cinta membuat sesorang juga menjadi pemberani.
Cerpen Bunga Kiriman dari Siapa ini berkisah tentang Kontrolir Henri, yang jatuh pada penjual bunga yang seorang gadis bumiputera. Setelah melalui percakapan – percakapan yang panjang Henri ingin menemui orang tua si gadis bumiputera untuk melamarnya, tapi ternya kedua orang tua si gadis berada di Digoel. “kenapa disana?” kata Henri Kau sendiri yang kirim mereka kesana” kata si gadis. Membuat colonial belanda yang sombong itu terpukul hebat. Jadi penulis mengisahkan sejarah  tentang ulah penjajahan yang menyebabkan atas kesengsaraan bangsanya.
Mengisahkan seorang anak yang hidup sebatang karang untuk kelangsungan hidupnya ia harus mencuri sehingga membuat resah warga. Membuat warga melaporkan hal ini kepada polisi. Polisi langsung mencari si Bandit ternyata bukan hal mudah untuk menangkapnya ia sangat gesit. “Andai saja bocah itu punya seorang ibu  yang akan mengurusnya …” kata polisi. Mendengar itu membuat si bandit keluar dari persembunyiannya dan merengek dengan sedih ia berkata”Bapak polisi, antarkan aku kepada ibuku. Aku ingin punya ibu yang akan membawaku pergi ke pasar malam. Aku ingin punya ibu sendiri yang akan memberiku rumah. Aku juga ingin punya sendiri yang akan memberiku uang untuk membeli roti sehingga aku tak perlu mencuri …”

Cerita Kisah dari Seorang Kawan menceritakan seorang bapak yang  membunuh juragan beras karena telah membuat pedang kecil mati usahanya. Kelicikan juragan yang dilakukan dengan menurunkan harga beras dari harga normal membuat pedagang kecil lainnya ikut menurunkan harga supaya pelanggan tidak kabur. Dan juga si juragan memborong persedian beras dari pemasok yang membuat pedagang kecil kehabisan stok untuk dijual. Kekesalan pemuda dari anak pembunuh juragan tersirat dalam kalimat “kalau ada orang berkata kapitalisme telah jadi humanis, ia tak kenal kapitalisme dengan sungguh-sungguh.”
Cerpen Hikayat Orang Gila membuat pembaca beimajinasi penuh haru tentang peperangan yang selalu mengorbankan orang tak berdosa, sekalipun itu orang gila. Tragedi di Timor Timur adalah satu contoh. Deskripsi kesemrawutan perang berkelindan dengan perjuangan seorang gila bersama rasa laparnya yang kian tak terobati. Pada akhir cerita, “tanpa makan berhari-hari dan kemudian demam, Si Orang Gila akhirnya mati di situ. Terkapar tak berdaya”. Pembaca bakal termenung haru, mengimajinasikan kematian Si Gila akibat lapar tak terkira.  
Cerpen Dewi Amor mengisahkan seorang siswa yang jatuh cinta kepada adik kelasnya yang pendiam bernama Laura . Siswa itu  melakukan pendekatan kepada Laura  dengan cara mengobrol pada saat bertemu di kantin itu tidak berhasil sampai ia tahu Laura  berangkat sekolah pagi-pagi sekali dan siswa itu juga jadi rajin bangun pagi demi ketemu Laura  di bus. Dan akhirnya melakukan cara dengan menyelipkan surat di buku Laura tentang perasaannya. Tapi saying sekali adik kelasnya sudah mempunyai kekasih membuat siswa itu sangat cemburu, marah dan merassa terlecehkan. Siswa itu melayangkan tinju kepada kekasih Laura. Dengan perlakuannya itu seluruh teman mencemooh, mencibir dan mentertawai ; lihat laki-laki itu, berkelahi karena patah hati! Di tengah kemerosatan tentang dirinya, satu kesadaran hinggap dikepalanya yang bebal ini. Oh cinta, betapa ia bisa membuat orang melakukan apa saja, bahkan ia bisa membuat orang gila sekalipun!
 Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar